728x90 AdSpace

Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, April 30, 2014

Kisah Para Nabi Dan Rasul : Kisah Nabi Luth AS

Nabi Luth As merupakan keponakan Nabi Ibrahim As. Luth dipilih oleh Allah sebagai nabi, baru kemudian nabi Luth. Sebelum di angkat menjadi nabi, Luth kadang menyertai nabi Ibrahim dalam berdakwah menyebarkan ajaran Allat Swt. Luth banyak belajar tentang agama dan kehidupan kepada Nabi Ibrahim.

PERADABAN KOTA SODOM

Waktu itu,Luth mendakwahkan ajaran-ajaran Allah di kota Sodom,bagian dari wilayah Yordania. Secara umum, penduduk kota Sodom merupakan manusia yang dari segi moral dan perilaku tergolong merusak. Untuk itu, Allah mengutus Nabi Luth untuk memperbaiki peradaban kota Sodom yang merusak itu.

Penduduk Sodom sering melakukan tindak kejahatan,terutama terhadap kaum pendatang atau musafir. Penduduk Sodom  terbiasa merampok,menganiaya dan melakukan kekerasan kepada sesama manusia. Selain itu, yang agak mengerikan,penduduk Sodom yang berjenis kelamin laki-lAki mayoritas merupakan kaum homo-atau lebih tepat gay-yang melakukan hubungan seks hanya dengan sesama jenis,yaitu laki-laki dengan laki-laki. Dalam kebudayaan gay inilah bisa dimengerti karena penduduk Sodom mayoritas hanyalah manusia laki-laki.



Meskipun perilaku dan kecenderungan homo merupakan hak dan kebebasa individu,akan tetapi jika dipikir secara wajar dan alamiah, tindakan homo merupakan perilaku yang tidak sehat,bahkan berbahaya. Tidak bisa dipungkiri bahwa kasus penyakit AIDS yang sangat potensial membunuh umat manusia, ternyata banyak terjadi justeru pada pasangan homo,yaitu manusia yang melakukan seks dengan sesama jenis.

Yang tidak dimengerti dari sisi kemanusiaan,perilaku homo penduduk Sodom sering dibarengi dengan tindak kekerasan dan pemerkosaan terhadap hak asasi manusia. Jika ada seseorang terutama kaum pendatang-yang tidak mau diajak bercinta dan berhubungan seks, maka kaum homo kota Sodom tidak segan-segan melakukan pemaksaan dengan  cara kekerasan. Tindakan kaum homo kota Sodom sangatlah kasar dan vulgar. Bahkan brutal.

Dalam sejarah peradaban umat manusia, dari kota sodomlah, mula-mula budaya homo atau gay mulai dikenal. Untuk itu,orang yang berhubungan seks dengan sesama lelaki biasanya diistilahkan melakukan tindakan sodomi. Singkatnya , kota Sodom dihuni oleh manusia"primitif" yang menganut budaya kejahatan, kekerasan dan penindasan hak asasi manusia. Budaya kota Sodom sangat keras dan kejam,bahkan menjijikan

NABI LUTH AS DIANCAM DAN DI TEROR

Dalam latarbelakang kebudayaan atau bahkan peradaban kota Sodom yang merusak dan tidak manusiawilah, Nabi Luth diturunkan oleh Allah. Tentu dapat dibayangkan, betapa sangat beratnya perjuangan dan misi kemanusaan yang diemban oleh Nabi Luth. Seorang nabi diturunkan oleh Allah ke tengah-tengah jantung masyarakat,biasanya memang mengemban amanat untuk mempertanyakan dan mengubah moral dan perilaku sosial yang buruk dan manusiawi.

Secara baik-baik, Luth mengajak penduduk Sodom,untuk meninggalkan perilaku dan tindakan mereka yang tidak baik, tidak sehat dan tidak manusiawi.

Akan tetapi,bagaimana reaksi penduduk Sodom terhadap ajakan Nabi Luth? Mereka justeru marah dan tersinggung. Akal budi dan hati nurani mereka mungkin telah tmpul dan membatu,sehingga tidak mampu membuka diri terhadap ajakan yang baik dan mulia.Bahkan begitu pula istri nabi Luth,berkali-kali Nabi Luth memperingatkan istrinya secara baik-baik.Tapi sang istri justeru menolak dan merasa tersinggung. Bahkan ironisnya, istri Nabi Luth kadang justeru memata-matai tindakan Nabi Luth dan menceritakannya kepada penduduk Sodom yang membenci Luth.

Sebagai seorang nabi, Luth mencoba bersikap sabar dan lapang dada,terutama berhadapan dengan kaum Sodom yang keras,kejam dan bebal.Jika gagal memakai cara tertentu, Luth mencoba memakai cara lainya dalam berdakwah. Begitu seterusnya. Ada memang beberapa diantara kaum Sodom yang terbuka mata hatinya,lalu mau meninjggalkan perilakunya yang tidak baik,tidak sehat dan tidak manusiawi. Tapi dibanding dengan jumlah keseluruhanpenduduk Sodom jumlah mereka sangatlah sedikit dan pengikut Nabi Luth menjadi minoritas.

MALAIKAT BERTAMU KE RUMAH LUTH AS

Suatu hari,ketika matahari terbit dari ufuk timur dan burung-burung berkicau diranting pohon,secara agak mengejutkan Nabi Luth kedatangan tiga orang tamu. Mereka adalah tiga orang pemuda yang gagah dan tampan.Secara ramah Nabi Luth  mempersilakan mereka untuk duduk.Tapi dalam hati Nabi Luth mempersilahkan mereka untuk duduk.Tapi dalam hati. Nabi Luth agak khawatir dan bingung. Jika ketahuan oleh kaum Sodom pasti mereka naksir dan akan menginginkan pemuda tersebut, atau akan membikin keonaran.

Sudah sering terjadi di wilayah ini,jika terlihat ada kaum pendatang apalagi yang berwajah tampan muncul di kota Sodom,maka kaum Sodom akan berebut untuk memperolehnya, bila perlu dengan cara kekerasan. Kaum Sodom tidak hanya melakukan penganiayaan dan perampokan terhadapnya,akan tetapi juga akan melakukan pemerkosaan. Sembari kebingungan, Nabi Luth bertanya kepada tiga pemuda tampan tersebut.

"Wahai saudaraku, siapakah sebenarnya kalian? Apa tujuan kalian ke kota Sosom dan bertamu ke rumahku?"
"Nabi Luth.Kami bertiga adalah malaikat, diutus oleh Allah untuk menemui Anda"
Nabi Luth terkejut. Tapi hatinya menjadi agak tegang. Jika benar mereka bertiga adalah malaikat, tentu tidak perlu dikhawatirkan keselamatannya.
Luth bertanya lagi." Alhamdulillah,selamat datang wahai malaikat Allah. Apa maksud Allah mengutus kalian bertiga menemuiku?"
"Kami bertiga diberi tugas oleh Allah untuk memberi pelajaran kepada kaum Sodom yang terus menerus melakukan kejahatankemanusiaan. Mereka sudah melampaui batas"
" Pelajaran apa yang akan kalian berikan kepada kaum Sodom?"
"Kami akan membalikan bumi dimana mereka tinggal,serta menurunkan hujan batu bercampur api"
"Oh,betapa amat mengerikan!"
"Ya. Mereka layak menerima hukuman,karena selama ini mereka selalu melakukan kejahatan terhadap sesama. Mereka sudah tidak bisa dinasihati, karena mereka selalu menurutkan hawa nafsunya"

Sementara dirumah  terjadi dialog antara Nabi Luth dengan tiga tamunya,diluar sana sudah terjadi keributan. Istri Nabi Luth mengabarkan bahwa di rumahnya ada tiga pemuda yang gagah dan tampan. Dalam beberapa saat berbondong-bondonglah kaum Sodom menuju rumah  Luth As untuk berebut tiga pemuda tampan. Perilaku kaum Sodom memang menjijikan sekaligus mengerikan. Mereka telah mengepung rumah Nabi Luth. Lalu, terjadilah percakapan antara kaum Sodom dengan Nabi Luth.

"Luth, Serahkanlah tiga pemuda tampan itu kepada kami. Kami sangat menginginkannya"
"Kaum Sodom, perilaku kalian sungguh menjijikan dan keterlaluan . Pekerjaan kalian tiap harinya membuat onar, serta melakukan pemerkosaa, kejahatan dankekerasan. Kembalilah ke kodrat hidup kalian yang wajar,baik dan sehat. Menikahlah dengan kaum perempuan,beranak pinak dan melestarikan keturunan. Janganlah terus menerus melakukan kejahatan kemanusaan karena akan membuat Allah murka"
"Jangan lagi berkhotbah didepankami. Kami tidak akan pernah mau mengikuti nasihat dan ajaranajaranmu. Sekarang,jangan banyak omong. Engkau serahkan tiga pemuda tampan dirumahm itu secara baik-baik atu kami terpaksa melakukan kekerasan!"
"Astagfirullah! Kalian semua benar-benar keterlaluan dan melampaui batas. Kalian berhak diberi pelajaran dan dihukum oleh Allah".

KAUM SODOM MENYERBU RUMAH LUTH AS

Kaum Sodom tidak mau berlama-lama berdialog dengan Nabi Luth. Mereka bagaikan binatang yang sudah tidak tahan menahan nafsunya. Kaum Sodom berama-ramai menyerbu ke rumah Luth dan mengobrak-abriknya. Betapa sangat kecewanya mereka,karena tiga pemuda tampan yang diceritakan istri Luth ternyata sudah tidak ada.Pasti dia kabur dan bersembunyi. Kaum Sodom pun berpencar untuk mencari tiga pemuda itu dan mengaduk-aduk seluruh kota.

Setelah tiga malaikat berwujud tiga pemuda tampan menghilang dari rumahnya,maka sesuai dengan himbauan para malaikat tersebut,Nabi Luth beserta beberapa pengikutnya lalu berpindah ke luar kota Sodom. Mereka harus menyingkir ke wilayah lain,karena sebentar lagi Allah akan memberi pelajaran, menghukum kaum Sodom dan menghancur leburkan wilayah Sodom.

Beberapa anak Nabi Luth mengikuti jejak ayahnya, sementara istrinya membangkang dan tidak mau ikut ke luar wilayah Sodom. Nabi Luth sedih. Tapi ini adalah kenyataan pahit yang harus diterimanya dalam hidup. Nabi Luth mencoba mencari hikmah dari semuanya dan selalu bertawakal kepada Allah.

Baca : Kisah nabi Ismail AS

Singkat cerita sesudah Nabi Luth dan beberapa pengikutnya berlalu dari kota Sodom, maka tidak beberapa lama kemudian bumi Sodom diguncang gempa dahsyat. Bukan hanya itu,dari langit Sodom berjatuhan hujan batu bercampur api terus-menerus. Penduduk Sodom termasuk di dalamnya istri Nabi Luth kalang kabut. saking dahsyatnya gempa, maka bumji Sodom bagaikan dibalik. Wilayah Sodom beserta penduduknya pun hancur lebur,hangus total.

Sementara itu, Nabi Luth,anak-anak,beserta para pengikutnya terus menyusuri hidup di wilayah lain. Mereka akan terus menjalani hidup dan menghayati makna secera tulus dan jujur. Mereka akan terus mengokohkan ikatan batinnya dengan kehidupan secara kental.Tuhan Yang Maha Hidup,kuakanlah rahasia dan teka-teki-Mu.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kisah Para Nabi Dan Rasul : Kisah Nabi Luth AS Rating: 5 Reviewed By: Baharuddin Sarjani